Dolar USA ( Kejayaan sebagai mata uang dunia akan segera berakhir )



Dolar AS adalah mata uang resmi Amerika Serikat. Dolar AS juga di gunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS.
Penerbitan uang dolar AS dikontrol oleh sistem perbankan Federal Reserve. Simbol yang paling umum di gunakan untuk dolar AS adalah lambang dolar ( $ ). Kode ISO 4217 untuk dolar AS adalah USD.

AS adalah satu dari banyak negara yang menggunakan mata uang bernama dolar. Beberapa negara lainnya menggunakan dolar AS sebagai mata uang resmi mereka, dan banyak lainnya yang memperbolehkannya di gunakan dalam kapasitas legal de Facto.

Saat ini lebih dari 60 persen dari seluruh cadangan mata uang asing dunia dalam dolar. Belakangan ini terjadi perubahan besar sejumlah negara dengan perekonomian terbesar di Bumi telah membuat perjanjian satu sama lain untuk menyingkirkan penggunaan dolar.
Cina adalah negara yang paling getol mendorong perubahan itu. Cina memiliki pendapatan ekonomi terbesar kedua di muka Bumi. Level pertumbuhan ekonomi Cina diproyeksikan melampaui Amerika pada tahun 2016. Bahnkan salah satu ekonom memprediksikan perekonomian Cina akan tiga kali lebih besar dari ekonomi Amerika pada tahun 2040.

Berikut ini 10 alasan mengapa kejayaan dolar Amerika sebagai mata uang dunia akan segera berakhir :

1. Cina dan Jepang Singkirkan Dolar
 Beberapa bulan lalu Cina dan Jepang mencapai kesepakatan yang akan mempromosikan penggunan mata     uang mereka sendiri dalam perdagangan satu sama lain, sebagai upaya untuk memotong biaya nagi perusahaan dan meningkatkan perdagangan bilateral.

2.  Rencana BRICs Menggunakan mata uang sendiri
Kelompok BRICs yang terdiri dari Brasil. Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan terus unjuk gigi mereka akan mempromosikan penggunaan mata uang nasional mereka sendiri ketimbang dolar Amerika dalam perdagangan. Berita yang dikutip dari media di India menyebutkan, kelima negara berkembang utama BRICs mendorong momentum ekonomi yang lebih besar untuk kelompok mereka dengan menandatangani dua Pakta untuk memajukan perdagangan intra-BRICs pada pertemuan puncak ke 4 pemimpin mereka di Jakarta beberapa waktu lalu yang diharapkan meningkatkan perdagangan antar negara BRICs yang telah tumbuh pada tingkat 28 persen selam beberapa tahun terakhir.

3. Perjanjian Mata Uang Rusia dan Cina
Rusia dan Cian telah menggunakan mata uang nasional sendiri dalam perdagangan satu sam lain selam lebih dari satu tahun. Para pemimpin Rusia dan Cina sangat menganjurkan pembentukan mata uang global baru untuk beberapa tahun.

4. Naiknya Pengguna Yuan di Afrika.
Sejak tiga tahu lalu Cina menjadi mitra dagang terbesar di Afrika. Cian kini agresif berusaha memperluas penggunaan yuan atau renmimbi, mata uang Cina di benua Hitam. Pada Titik ini sekitar 70.000 perusahaan Cina memakai mata uang Cina dalam transaksi lintas batas.

5. Kesepakatan Cina - Uni Emirat Arab
Cina dan UES sepakat menggunakan mata uang mereka sendiri dalamtransaksi minyak satu dengan yang lain. Apa yang terjadi petrodolar jika negara produsen minyak lainnya di timur tengan menyusul?

6. Iran.
Iran menjadi salah satu negara yang paling agresif menjauhi dolar, sebagai contoh India akan menggunakan emas untuk membeli minyak Iran.

7. Kerja sama Cina - Arab Saudi
Cina adalah pengimpor minyak paling banyak di Arab Saudi, Cina Mengimpor 1,39 juta barel minyak per hari. Para pemimpin dari kedua negara telah bekerja untuk agresif memperluas perdagangan antar kedua negara.

8. PBB Mendorong Pembentukan Mata Uang Dunia Baru.
PBB mengeluarkan lapoaran yang secara terbuka menyerukan alternatif terhadap dolar AS sebagai amata uang dunia.

9. IMF Usulkan Bancor sebagai mata uang baru.
IMF juga menrbitkan serangkaian laporan yang menyerukan dolar Amerika diganti. Satu dokumen IMF berjudul " Akumulasi Cadangan dan Stabilitas Moneter  Internasional" yang diterbitkan beberapa waktu lalu sebenarnya mengusulkan mata uang global masa depan yang di beri nama " Bancor ".

10. Kebanyakan Negara Dunia Benci Amerika.
sentimen global terhadap Amerika Serikat bergeser secara dramatis. Ini tidak boleh dianggap remeh, beberapa dekade lalu Amerika adalah salah satu negara yang paling di cintai di bumi, sekarang mereka adalah salah satu negara yang paling di benci. Bahkan di Eropa banyak pelancong Amerika terpaksa mengenakan pin Kanada.      

Sepuluh Alasan dalam artikel ini tidak akan terjadi dalam semalam, tapi penting dicatat perubahan ini akan memanas. Jadi kapan perubahan besar ini terjadi? Entahlah. Hanya waktu yang menjawab.

Dikutif dari beebrapa sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat sendiri Headlight Reminder dgn biaya Rp. 10 ribu

Tips khusyu dalam shalat

Fakta-Fakta Menarik Final Liga Champions: Barca vs MU