Tips khusyu dalam shalat


Seorang ahli ibadah bernama Isam bin Yusuf, dia sangat warak dan sangat khusyuk shalatnya, namun dia selalu kuatir kalau-kalau ibadhnya kurang khusyuk dan selalu bertanya kepada orang yang dianggap lebih ibadahnya, untuk memperbaiki k ekhusuan dalam ibadahnya.
Pada suatu hari, Isam menghadiri majlis seorang yang bernama Hatim Al Islam dan bertanya ; " Wahai aba  Abdurrahman, bagaimanakah cara tuan shalat?", Hatim berkata ; ' Apabila masuk waktu shalat aku ber wudhu zahir dan batin. Isam bertanya lagi. " bagaimana wudhu zahir dan batin itu?"
Hatim berkata , " Wudhu zahir adalah Membasuh semua anggota wudhu"
                        " Wudhu batin adalah ; 1. Bertaubat.
                                                            2. Menyesali dosa yang telah dilakukan
                                                            3. Tidak tergila-gila dunia
                                                            4. Tidak Riya ( Mencari/mengharap pujian orang )
                                                            5. Meninggalkan sifat berbangga
                                                            6. Meninggalkan sifat khianat dan penipu
                                                            7. Meninggalkan sifat dengki
Seterusnya hatim berkata, " Kemudian Aku ke mesjid, aku kemaskan seluruh anggota ku dan menghadap kiblat, aku berdiri dengan penuh kewaspadaan dan aku bayangkan Allah ada di depanku, syurga disebelah kananku, neraka di sebelah kiriku, malaikat maut berada di belakangku  dan aku bayangkan pula seolah-olah berada di titian sirratul Mustaqim dan  aku mengnggap shalatku adalah shalat yang terakhir dan aku berniat dan bertakbir dengan baik. setiap bacaan dan do'a dalam shalat ku faham maknanya, aku ruku dan sujud dengan tawadhu, aku bertasyahhud dengan penuh pengharapan dan aku memberi salam dengan ikhlas, beginilah aku shalat selama 30 tahun.

Komentar

Dede mengatakan…
maaf pak, saya mau numpang tanya tentang shalat khusyu ini...
setiap kali saya mau menjalankan shalat, di pikiran saya selalu ada saja ingatan2 yang membuat saya tidak bisa mendengarkan imam secara seksama...
padahal, pada awal mulai saya shalat saya tidak memikirkan apa2...
lalu, bagaimana saya menghilangkan pikiran2 sepereti itu ketika saya sedang shalat...???
mohon penjelasannya...
Anonim mengatakan…
Terima kasih, sangat bermanfaat
Catatan Si Bobby mengatakan…
Coba buka link ini : http://chaerudinkokom.blogspot.com/2011/06/praktek-shlat-khusuk.html

Postingan populer dari blog ini

Membuat sendiri Headlight Reminder dgn biaya Rp. 10 ribu

Khasiat Buah Kurma ( sehat dan berpahala )