Ketan hitam dapat mencegah Penuaan , dapat mengobati Diabetes, memperkuat hati & ginjal dll


Bila dikonsumsi teratur, ketan hitam kaya manfaat. Sst katanya,  bisa membuat awet muda lho.
Ketan hitam membantu pembentukkan sel darah merah sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh terhadap beberapa penyakit. Apa sebabnya? Karena ternyata ketan hitam memiliki kandungan zat besi hingga 15,52 ppm. Kandungan itu berkhasiat untuk tubuh.
Khasiatnya memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker dan tumor, memperlambat penuaan, berfungsi sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.
Nah, mengetahui khasiat itu, Tim Pastry Chef Aston Primera Pasteur Bandung pun mengolah ketan hitam menjadi penganan yang terbilang unik. Sus ketan hitam salah satu kreasinya.
Bahan dasar tepung ketan hitam yang digunakan membuat black profiterole memiliki warna dominan hitam. Tentu saja berbeda dengan kue sus yang kebanyakan berwarna putih kecokelatan.
Di balik kelezatan black profiterole yang ditawarkan hotel bintang empat di Jalan Dr Djunjunan, Kota Bandung ini, memang sekaligus menawarkan beragam manfaat. Kalau soal rasa jangan ditanya. Yuk nikmati dan rasakan manfaatnya.

Ketan hitam, selain dapat digunakan sebagai bahan dasar jajanan pasar dan makanan, seperti bolu dan lain-lain, ternyata juga sangat berguna bagi kesehatan, terutama penderita kencing manis atau diabetes melitus. Manfaat lain dari ketan hitam adalah dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetus melitus/ kencing manis.
Caranya:
1. Ambil 3 sendok (penuh) ketan hitam.
2. Masukkan ke dalam gelas ukuran 1 liter.
3. Seduh dengan air panas segelas penuh dan tunggu hingga dingin.
4. Minum 1 gelas setiap pagi, siang dan malam sebelum makan.
5. Sebelum minum, sebaiknya cek kadar gula darah dulu..
6. Setelah kadar gula darah normal, untuk menjaga agar stabil cukup minum air seduhan ketan hitam sebanyak 1 gelas 2 x seminggu saja.
Telah teruji secara empiris, dan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes melitus/ kencing manis.
 
 Selain manfaat tersebut diatas Ketan hitam juga dapat menyuburkan rambut membuat otot tubuh menjadi padat. Gunakan ketan hitam saat membuat nasi daging kambing Ketan Hitam, seperti yang dimakan oleh suku Xinjiang (salah satu propinsi di Tiongkok yang sebagian besar berpenduduk muslim), atau beras hitam tim ayam. Ketika memasak tim ayam, beri kuah agak banyak, ayam setengah matang lalu masukan ketan hitam dan di tim bersama, setelah matang siap dihidangkan, rasanya sangat lezat. Ketan hitam dapat juga dibikin ronde, ditambah dengan kacang merah, lian ce (蓮子, husked lotus), kacang tanah, kui hua (Osmanthus fragrans, zaitun teh, zaitun manis) campur jadi satu masak bubur , selain rasanya lezat manis juga berkasiat memperkuat liver (hati) dan ginjal, menyuburkan rambut, otot tubuh menjadi padat
Sumber : TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG

Komentar

suhartawan mengatakan…
Salam hormat
terima kasih atas infonya tentang ketan hitam dapat menurunkankan kadar gula bagi penderita diabet,berdasarkan tulisan ini apakah ada Testimonial atau cerita-cerita pengalaman org yg sudah mencobanya,atau apakah sudah di uji secara klinis.
terima kasih atas segala infonya
Siti yuni juariah mengatakan…
Alhamdulillah ayah saya gula darahnya normal setelah konsumsi air rendaman ketan hitam tsb, total ayah saya menghabiskan 1kilo ketan hitam hingga akhirnya gula darahnya normal
Sbelumnya gula darah ayah sya 161 saat puasa dan sekarang 84
Tetapi ttap hrus d barengi pola hidup dan pola makan yg sehat jga

Postingan populer dari blog ini

Membuat sendiri Headlight Reminder dgn biaya Rp. 10 ribu

Tips khusyu dalam shalat

Keyboard laser ( keyboard tak berwujud fisik atau Virtual ).